Program Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi lulusan Sekolah Menengah Atas atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan akses pendidikan tinggi. Program ADik merupakan bentuk keberpihakan pemerintah untuk membantu perguruan tinggi mencari dan menjaring calon mahasiswa dari daerah Papua dan Papua Barat serta daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).
Program ADik bertujuan: (1) meningkatkan akses pendidikan tinggi di daerah Papua, Papua Barat dan 3T; (2) meningkatkan angka partisipasi kasar pendidikan tinggi; (3) meningkatkan pemerataan pendidikan tinggi; (4) memperluas wawasan kebangsaan bagi penerima beasiswa ADik; (5) meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan tinggi; dan (6) memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari daerah yang terkena bencana alam dan kehilangan akses pendidikan tinggi untuk melanjutkan pendidikan pada perguruan tinggi di daerah lain.
Program ADik dikelola oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) bersama Perguruan Tinggi sebagai pengelola dan penyelenggara pendidikan. Pemerintah menyediakan biaya pendidikan, biaya hidup, dan pembinaan atau pembimbingan belajar secara khusus, agar mahasiswa peserta program beasiswa ADik dapat menyelesaikan pendidikan tinggi dengan tuntas dengan hasil yang baik di Perguruan Tinggi terbaik.
Dengan berbagai upaya lain yang dipadukan untuk lebih meningkatkan kualitas sumberdaya manusia terdidik, diharapkan negara dapat hadir memfasilitasi dengan lebih baik agar para siswa di seluruh Indonesia, terutama di wilayah Papua, Papua Barat dan 3T dapat memiliki kesempatan yang lebih luas untuk belajar di jenjang pendidikan tinggi.